Ponsel Pertama Di Dunia

Inilah ponsel yg ukurannya sebesar tutup tempat sampah tetapi ponsel ini cuma memiliki jangkauan setengah mil.
Dilihat dari segi design dan ukuran, ponsel pertama di dunia ini amad jauuuuhhhh berbeda sama ponsel masa kini, yg cukup kecil untuk menyelinap di saku dan dapat menghubungi hampir kemana saja di dunia ini. Tapi dari sini lah telepon nirkabel bermula.
Sang pencipta sendiri, Nathan Stubblefield akhirnya diakui sebagai bapak teknologi telepon seluler tepat 100 tahun setelah ia mempatenkan desain tersebut untuk sebuah "telepon nirkabel"

Nathan Stubbefield sebenarnya hanyalah petani melon biasa yg sangat menyukai IPTEK bahkan dia telah menemukan radio sebelum Nikola Tesla atau Guglielmo Marcon tetapi radio yg dia temukan menggunakan frekuensi audio induksi, dikarenakan radio induksi menyebabkan gangguan pada wilayah sekitarnya sehingga kalah populer dengan radio transmisi yg di temukan oleh Nikola Tesla atau Guglielmo Marcon.

Pada tahun 1902 petani melon ini datang dengan penemuannya, setelah mengorbankan setiam jam menit dan detik demi untuk membuat jaringan telekomunikasi di kampung halamannya Murray, Kentucky. Dia membangung 120 kaki tiang di kebun, yg dapat mentransfer percakapan dari satu telepon ke telepon yg lain dengan menggunakan medan magnet. Dia mendemonstrasikan temuannya di alun-alun kota pada hari Tahun Baru 1902. Pada tahun 1908 dia mematenkan telepon nirkabel versi baru untuk berkomunikasi dengan kendaraan bergerak.

Sayangnya telepon nirkabel tidak sukses dalam masa hidupnya,dia meninggal dengan keadaan miskin pada tahun 1928.

Tapi sekarang dia telah diakui sebagai "Father of The Modern Mobile Phone" ,bahkan Virgin Mobile membuat page khusus untuk menandai ulang tahun temuan Nathan Stubbefield di website resmi nya.

Warnet Unik dengan 3000 PC


Warnet Unik dengan 3000 PC apakah ada???

Tentu ada, inilah warnet unik di dunia tepatnya di Ohaio, Amerika serikat. Warnet dengan 3000 unit komputer dan tidak pernah tutup selama 1,5 tahun dan buka 24 jam.

Saking capeknya operator hingga tidur dimeja server, heee... :)

Wow !!! Bos Facebook Beli Rumah Senilai Rp 59 Miliar


Pendiri Facebook Mark Zuckerberg dikabarkan membeli rumah baru yang harganya senilai USD 7 juta atau setara dengan Rp 59,5 miliar. Ini mungkin menjadi salah satu pembelian termahal Zuckerberg yang dikenal sederhana.

Ya, meski julukan miliarder melekat pada dirinya, Zuckerberg memang dikenal low profile dalam kesehariannya. Penampilannya tak jauh dari kaus oblong, celana jeans dan sepatu kets. Sebelumnya, dia pun merasa cukup tinggal di sebuah apartemen kecil dengan kasur di lantai dan akses internet dial up.

Dilansir Los Angeles Times dan dikutip detikINET, Jumat (6/5/2011), pria berusia 26 tahun itu kini membeli rumah yang berlokasi di Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS).

Terdapat lima kamar tidur, sebuah ruang makan dan ruangan kecil untuk bermusik. Rumah ini pun memiliki kolam renang dan paviliun luar yang dilengkapi perapian.

Berdiri di atas lahan seluas 17.000 square foot ini dikelilingi pohon citrus yang menaunginya. Rumah ini kabarnya juga hanya perlu waktu tempuh 10 menit dari calon kantor pusat Facebook yang baru di Menlo Park.

Google Bantu Promosi Bisnis dengan 'Business Photos'


Bagi perusahaan yang ingin mempromosikan bisnis mereka ke jutaan konsumen, Google menyediakan layanan baru untuk mempermudahnya melalui Google Business Photos. Dan ini semua gratis!

Caranya sangat mudah. Mereka yang berminat, bisa langsung mendaftar di halaman Google Business Photos. Aplikasi pendaftaran diantaranya meliputi nama, alamat email, jenis bisnis yang dikelola, URL akun Business Place Page dan nomor yang bisa dihubungi.

Nantinya, Google akan mengirimkan seorang fotografer profesional untuk mengambil gambar tempat bisnis si pendaftar. Adapun jenis bisnis yang bisa memanfaatkan layanan ini diantaranya restoran, hotel, salon kecantikan, dan lain-lain.

Selanjutnya, seperti dikutip detikINET dari PC World, Jumat (6/5/2011), foto hasil jepretan fotografer Google akan muncul di Place Page si pendaftar. Tentunya, ini akan memudahkan pengguna internet yang mencari informasi spesifik mengenai bisnis tertentu. Si pemilik bisnis juga bisa mengunggah foto hasil jepretan sendiri dengan log in ke Google Places.

Untuk saat ini, para fotografer Google Business Photos baru bisa menjangkau para pebisnis di kota-kota tertentu di Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Selandia Baru.

Google berencana memperluas layanan ini sehingga para pebisnis selain di empat negara tersebut bisa juga memanfaatkan layanan foto gratis dari Business Photos.

Ada apa ini ?? Microsoft Ingin Developer Tinggalkan Google Maps


Microsoft ingin agar para developer menggunakan Bing Maps pada aplikasi iPhone dan iPad mereka. Untuk itu, Microsoft pun menyediakan perangkat khusus untuk membantu developer.

Kabarnya ini adalah salah satu contoh lain bagaimana Microsoft berupaya melindungi dirinya di ranah mobile dengan mendukung platform Apple yang populer. Microsoft bahkan pernah berusaha agar para developer iPhone memasukkan aplikasi mereka ke platform Windows Phone 7.

Dilansir Business Insider dan dikutip detikINET, Jumat (6/5/2011), Bing telah memiliki aplikasi iOS sejak 2009. Dan awal tahun ini, Microsoft merilis aplikasi Office pertamanya untuk iPhone.

Nah bulan lalu, Microsoft juga merilis aplikasi Bing untuk di iPad yang tampak seperti ingin mengganggu Google Maps. Software Development Kit (SDK) iOS Bing yang baru, memungkinkan developer aplikasi iPhone menggunakan layanan Bing Maps dan fitur lainnya, termasuk daftar pencarian lokasi, rute dan arah.

Facebook akan Bayar Penonton Iklan


Ada cara baru agar orang-orang mau menonton iklan melalui video online, yakni dengan membayar mereka. Ya, inilah fasilitas beriklan baru yang disediakan Facebook.

Bekerjasama dengan perusahaan iklan social game TrialPay, Facebook akan memberi imbalan bagi gamer yang menonton iklan yang ditayangkan melalui video online.

Dikutip detikINET dari Business Insider, Jumat (6/5/2011), para pengiklan yang membidik gamer di jejaring sosial ini memanfaatkan layanan TrialPlay melalui platform iklan yang dinamakan DealSpot.

Selanjutnya, para pengembang game yang akan beriklan bisa memanfaatkan DealSpot untuk menyisipkan penawaran tertentu dalam sebuah game. Nah, ketika gamer memainkannya, mereka akan melihat berbagai penawaran sejumlah Facebook Credits atau poin jika menonton sebuah tayangan video iklan.

Nantinya, poin tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai benda virtual atau aplikasi yang ada di Facebook. Untuk saat ini, Facebook Credits memang masih bersifat opsional, namun kabarnya Facebook akan mengharuskan pembayaran semua game dan benda virtual di situsnya menggunakan cara ini.

Facebook Tolak Tudingan Pendiri Wikileaks


Facebook menolak tudingan pendiri Wikileaks, Julian Assange, yang menyebut situs jejaring sosial itu sebagai mesin mata-mata paling mengerikan. Sebelumnya pendiri Wikileaks Julian Assange memberikan pernyataan itu dalam wawancaranya dengan media Rusia Time.

"Facebook adalah mesin mata-mata yang paling utama dan mengerikan. Di sini (Facebook) memiliki database manusia yang paling lengkap di dunia baik dari hubungan antar manusia, nama lengkap manusia, alamat mereka, lokasi, keluarga," kata Assange.

Seperti dikutip detikINET dari Russia Time, Sabtu (7/5/2011), pernyataan ini telah dibantah oleh Facebook. Situs yang didirikan Mark Zuckerberg itu mengaku tidak memiliki pemrosesan data otomatis untuk permintaaan informasi. Facebook mengklaim memiliki tim yang profesional untuk menangani hal seperti itu.

"Kami tidak menanggapi tekanan (yang dilakukan pihak ketiga) tapi kami tunduk pada proses hukum. Beloum pernah kami ditekan hingga menyerahkan data tertentu -- kami selalu melawan setiap kali kami percaya bahwa proses hukum tidak memadai," sebut juru bicara Facebook.

Assange juga menuduh Google dan Yahoo memberikan data pribadi pengguna ke Intelijen AS dan bekerja dengan pemerintah untuk memfasilitasi pemberian informasi tersebut. Menurut Assange, internet adalah mesin mata-mata yang hebat.

Facebook Terintegrasi Dalam Xperia Terbaru


Sony Ericsson membuat terobosan kepada para pengguna Facebook. Pada produk terbarunya, Facebook kini terintegrasi dalam Xperia. Seperti apa?

Dengan memberikan akses Facebook secara langsung pada fitur-fitur yang kerap digunakan, seperti galeri foto, pemutar musik, buku telepon dan kalendar, pengguna bisa langsung berinteraksi di dalamnya.

Fitur yang paling menonjol adalah pemberian komentar 'like', pada musik yang sedang diputar dalam handset Xperia, dan langsung diteruskan ke wall akun Facebook kita.

"Penggunaan media sosial pada smartphone kini merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Sony Ericsson telah meningkatkan integrasi dari Facebook dalam portfolio Xperia untuk memberikan pengalaman unik dan mengibur secara langsung kepada para konsumen," ujar Djunadi Satrio, Head of Marketing Sony Ericsson Indonesia, Jumat (6/5/2011).

Berikut adalah beberapa fitur integrasi Facebook dalam Xperia:
  • Kemampuan instan untuk berbagi musik dengan tanda 'like'
  • Album dan foto Facebook terintegrasi kedalam aplikasi galeri Xperia
  • Event Facebook akan tersinkronisasi dengan kalendar Xperia
  • Tanda notifikasi Facebook pada layar untuk memastikan pengguna tidak melewatkan informasi terbaru

Quran Auto Reciter (belajar membaca sambil mendengarkan Al-Quran)


Quran Auto Reciter (Review terbaru!)
Software sederhana namun cukup canggih yang wajib untuk di miliki oleh setiap umat muslim!
Software ini dapat membantu anda untuk belajar "membaca" sambil "mendengarkan" Al-Qur'an. Quran Auto Reciter juga di lengkapi dengan pengingat "sholat 5 waktu".

Download softwarenya disini

Google Earth (jelajahi dunia melalui internet)


Google Earth (Review terbaru!)
Software "pendidikan" yang sangat canggih sebagai salah satu proyek besar garapan perusahaan raksasa di internet Google. Memiliki kemampuan dalam menampilkan foto foto dari seluruh belahan bumi di dalam komputer anda dengan resolusi tinggi!.

download disini

Winamp 5.6 (Software pemutar musik terpopuler)


Winamp - Software yang kami rasa sudah sangat populer di masyarakat. kini hadir dengan desain baru dan tentunya beragam fitur fitur baru yang menarik.

silahkan download winamp versi terbaru disini (Winamp 5.6)

SMAD-LOCK Remover (Software Sederhana Pembasmi Folder Autorun.inf)


Kali ini Bang Jack akan berbagi kepada teman-teman semua mengenai AUTORUN.
Ketika flashdisk kita terkena / terinfeksi folder autorun.inf tampak sekali wajah kita begitu cemberut dan muram karena marah dengan resiko yang ditimbulkan oleh folder ini. Bila dibilang virus juga bukan virus tapi kalau gak dibilang virus tetap dideteksi sebagai virus. Yang bikin kita marah dengan folder ini karena sulitnya folder ini untuk dihapus dengan berbagai macam antivirus yang ada.

Setelah bergoogling ria dan atas rekomendasi dari teman-teman. Akhirnya flashdisk Bang Jack yang juga terkena folder autorun.inf mampu untuk dihapus tanpa harus menggunakan antivirus.
Yups.... inilah Smover atau Smad-Lock Remover yang merupakan sebuah Source code sederhana yang hanya berukuran 8kb.

Langsung saja silahkan sobat download disini (8kb)

Indonetwork.co.id


PT. PILAR BANGUN JITHA PRATAMA

Indonetwork adalah media promosi Kami yang sangat membatu sekali dalam pelayanan penyelenggaraan promosi. Dalam era sekarang ini pencarian data/ barang tidak lagi direpotkan menggunakan manual Book , cukup klik internet dan ketik nama barang yang dicari melalui gogle anda langsung mendapatkan nama perusahaan yang menjualnya.

Ini sangat membantu bagi perusahaan kami dalam hal promosi , waktu kami memulai usaha dengan team yang terbatas apabila mengandalkan kunjungan ke peruahaan perusahaan dalam rangka memperkenalkan produk kami pasti dalam waktu yang sangat lama kami dapat dikenal oleh perusahaan perusahaan. Apalagi perusahaan besar perusahaan kecilpun mungkin belum mengenal perusahaan kami.

Tetapi berkat Indonetwork sekarang perusahaan kami dalam waktu singkat kami bisa di kenal oleh perusahaan kecil maupun besar di seluruh indonesia. Omsetpun pasti meningkat.

Kami sangat bangga terhadap Indonetwork yang dapat membantu perusahaan perusahaan kecil menengah untuk dapat bersaing dikancah persaingan yang sangat ketat. Untuk itu Kamipun tidak segan segan memberitahukan kepada teman teman untuk masuk jadi anggota indonetwork, dan Alhamdulillah merekapun merasakan peningkatan penjualan setelah ikut menjadi anggota indonetwork.

Saya percaya Indonetwork memberikan BUKTI bukan JANJI.... terima kasih indonetwork.

Pt. Pilar Bangun Jitha Pratama
Lukman Azazi (Direktur)

Apa itu juale.com ?


Juale.com adalah portal eCommerce dan juga sebuah market place yang mempertemukan antara pembeli (Pelanggan) dan penjual (Merchant), dan juga menyewakan applikasi eCommerce bagi siapa saja yang akan membuat toko online. Jadi dapat dikatakan juale.com adalah sebuah Mall dan didalam mall tersebut terdapat tenant (Merchant) dan orang yang berkunjung kedalam mall tersebut adalah pelanggan atau pembeli. Juale.com memiliki aturan yang diatur dalam termin dan kondisi.

silahkan kunjungi portal eCommerce ini untuk melihat lebih detail. klik disini

BERNIAGA.COM (jual beli di seluruh indonesia)


berniaga.com adalah sebuah gagasan sederhana: jual dan beli hampir semua barang - Anda ingin jual mobil, cari rumah dijual, mau jual handphone, serta jual dan beli komputer di daerah Anda dengan sangat mudah dan nyaman! Dapatkan harga terbaik di antara 64062 iklan online!
Indonesia map

Untuk melihat iklan terbaru di daerah anda, harap pilih daerah di mana anda berada. Untuk memuat iklan baru, harap klik gambar "Memasukkan Iklan" di atas.

Jadikan berniaga
sebagai homepage Anda

Jadikan berniaga
sebagai homepage Anda
Seret ikon di atas ke tombol Home di Firefox - dan Anda mendapatkan Beranda berniaga
Tutup

Jadikan berniaga
sebagai homepage Anda
Anda harus melakukan secara manual untuk menjadikan berniaga di Chrome sebagai Beranda Anda
Tutup


1. Bali
2. Banten
3. Bengkulu
4. DI Yogyakarta
5. DKI Jakarta
6. Jambi
7. Jawa Barat
8. Jawa Tengah
9. Jawa Timur
10. Kalimantan



1. Lampung
2. Nanggroe Aceh Darussalam
3. Nusa Tenggara
4. Papua dan Maluku
5. Riau dan Riau Kepulauan
6. Sulawesi Bagian Selatan
7. Sulawesi Bagian Utara
8. Sumatera Barat
9. Sumatera Selatan dan Bangka Belitung
10. Sumatera Utara

Tentang Tokobagus.com


Tokobagus adalah sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa.

Tokobagus sangat mudah untuk digunakan dan lebih murah dibandingkan surat kabar atau media iklan lain. Sesungguhnya, memasang iklan di Tokobagus adalah benar-benar GRATIS untuk suatu periode yang tak tentu.

Tokobagus juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung dari Tokobagus yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menemukan iklan-iklan anda.

Jika anda menginginkan publikasi yang maksimum dan GRATIS serta ingin sukses di dalam bisnis atau hanya sekedar menjual barang bekas, maka Tokobagus.com adalah solusinya. Kami bangga bahwa kami adalah nomor satu dan terpopuler serta mecakup seluruh wilayah Indonesia. Karena strategi kami yang kuat dan media publikasi kami yang besar kini kami telah mempunyai lebih dari 100.000 pengunjung setiap hari!!

Cobalah! Dan anda akan mengetahui betapa mudahnya jual beli produk dan jasa melalui Tokobagus.

KrazyMarket.com: Tempat Jual-Beli Beragam Barang Unik


Website ini lebih fokus pada penjualan “niche” atau produk khusus yang memiliki animo masyarakat. Contohnya adalah: barang antik, mainan Jepang, action figures, kamera Lomografi , sepeda lipat, trik sulap, gadget unik, dan mobil miniatur.

Misi KrazyMarket.com adalah untuk menyediakan suatu ekosistem bagi masyarakat agar dapat saling berhubungan dan melakukan perdagangan barang barang khusus dengan cara yang menyenangkan, aman, dan nyaman. Pada saat ini KrazyMarket.com sedang mengembangkan pasar untuk pembeli dan penjual di Indonesia. Website ini juga diharapkan dapat menjadi platform khusus untuk barang unik di kawasan Asia.

Menurut Philippe Do, direktur Krazymarket.com, bisnis ini berawal ketika ia dan rekan-rekannya tidak bisa menemukan barang-barang yang ‘Krazy’ via online di Indonesia. “Mudah untuk menemukan handphone atau pemutar DVD atau jenis produk yang populer. Tapi untuk sesuatu seperti papan selancar atau koleksi komik, itu benar-benar sulit,” jelasnya.

Philippe ingin membuat tempat di mana orang-orang yang memiliki minat khusus pada barang-barang unik bisa saling terhubung, berbagi, dan melakukan transaksi jual-beli. Inilah awal KrazyMarket.com diluncurkan pada bulan September 2008.

Transaksi terbesar yang pernah terjadi adalah mobil klasik yang dibeli oleh seorang warga Jakarta. Sekarang, website ini sudah dikenal luas sebagai tempat yang menjual barang-barang “special”. Ini tercapai berkat profesionalisme tim KrazyMarket.com dalam melayani setiap pelanggan. Ada dua hal yang membedakan KrazyMarket.com dengan website lain. Pertama, KrazyMarket.com menjual barang-barang “niche”. Kedua, KrazyMarket.com memberikan solusi komplit baik untuk pembeli maupun penjual.

Customer service KrazyMarket.com akan dengan senang hati menangani semua order. Baik pembeli dan penjual akan dibantu untuk menyelesaikan transaksi mereka dengan aman dan efi sien. Setiap pembeli akan dibantu mulai dari proses pencarian barang, pemilihan barang, hingga pembayaran barang. Setiap barang yang dibeli akan dipastikan sampai ke tangan pembeli. Untuk penjual, customer service Krazymarket.com akan membantu penjual untuk posting foto dan harga barang. Proses pengiriman barang dan penerimaan pembayaran juga akan dibantu oleh customer service KrazyMarket.com.

Selama 2010 KrazyMarket.com menerima cukup banyak penghargaan, diantaranya: Echelon Startup Exhibitor (Singapore), SparxUp Best E-commerce Award (Jakarta), Red Herring Asia Top 100 Award (Shanghai), dan T3 Gadget Awards Runner-up Best Online Marketplace (Jakarta). Ini semua berkat komitmen KrazyMarket.com untuk fokus dalam memberikan nilai tambah bagi para pembeli dan penjual.

Untuk 2011, KrazyMarket.com bekerja keras untuk membangun brand beserta komunitasnya, meningkatkan proses pembelian dan penjualan dengan mudah, aman dan efisien, serta mensuport komunitas dan grup yang memiliki hobi sama; terutama di bidang koleksi barang unik dan langka. Di bulan Maret ini, KrazyMarket.com telah menjadi sponsor Jakarta 7th Toys and Comics Fair yang berlangsung pada 12-13 Naret 2011 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta. (*)

Daftar Website E-Commerce di Indonesia


Sebelum kita mengetahui Daftar Website E-Commerce yang ada di Indonesia. Kiranya kita berkenalan dulu dan memahami apa itu E-Commerce ??? What the meaning of E-Commerce ??

Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.

Dari apa yang telah diuraikan di atas, dengan kata lain; di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan/perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet.

E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.
Julian Ding dalam bukunya E-commerce: Law & Practice, mengemukakan bahwa e-commerce sebagai suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan. E-commerce memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

Sedangkan Onno W. Purbo dan Aang Wahyudi yang mengutip pendapatnya David Baum, menyebutkan bahwa: “e-commerce is a dynamic set of technologies, aplications, and business procces that link enterprises, consumers, and communities through electronic transaction and the electronic exchange of goods, services, and information”. Bahwa e-commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan public. Jika diklasifikasikan, sistem e-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu:

· Electronic Markets (EMs).

EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.

· Electronic Data Interchange (EDI).

EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.
EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

· Internet Commerce.

Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi
informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet; harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan
dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.

Karakteristik E-Commerce.

Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :

Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-international. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri.Dewasa ini dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.

Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.

Produk digital dan non digital
Produk-produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.

Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.

Implementasi e-commerce pada dunia industri yang penerapannya semakin lama semakin luas tidak hanya mengubah suasana kompetisi menjadi semakin dinamis dan global, namun telah membentuk suatu masyarakat tersendiri yang dinamakan Komunitas Bisnis Elektronik (Electronic Business Community). Komunitas ini memanfaatkan cyberspace sebagai tempat bertemu, berkomunikasi, dan berkoordinasi ini secara intens memanfaatkan media dan infrastruktur telekomunikasi dan teknologi informasi dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari. Seperti halnya pada masyarakat tradisional, pertemuan antara berbagai pihak dengan beragam kepentingan secara natural telah membentuk sebuah pasar tersendiri tempat bertemunya permintaan (demand) dan penawaran (supply). Transaksi yang terjadi antara demand dan supply dapat dengan mudah dilakukan walaupun yang bersangkutan berada dalam sisi geografis yang berbeda karena kemajuan dan perkembangan teknologi informasi, yang dalam hal ini adalah teknologi e-commerce.

Secara umum e-commerce dapat diklasifasikan menjadi dua jenis yaitu; Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).
Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis, sedangkan Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer

Dalam Business to Business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati bersama. Sedangkan dalam Business to Customer sifatnya terbuka untuk publik, sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server. Dalam kajian ini, untuk selanjutnya yang akan dibahas adalah Business to
Customer.

Mekanisme E-Commerce.

Transaksi elektronik antara e-merchant (pihak yang menawarkan barang atau jasa melalui internet) dengan e-customer (pihak yang membeli barang atau jasa melalui internet) yang terjadi di dunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, melainkan dokumen
elektronik (digital document).

Kontrak on line dalam e-commerce menurut Santiago Cavanillas dan A. Martines Nadal, seperti yang dikutip oleh Arsyad Sanusi memiliki banyak tipe dan variasi yaitu :
Kontrak melalui chatting dan video conference;
Kontrak melalui e-mail;
Kontrak melalui web atau situs.

Chatting dan Video Conference adalah alat komunikasi yang disediakan oleh internet yang biasa digunakan untuk dialog interaktif secara langsung. Dengan chatting seseorang dapat berkomunikasi secara langsung dengan orang lain persis seperti telepon, hanya saja komunikasi lewat chatting ini adalah tulisan atau pernyataan yang terbaca pada komputer masing-masing.
Sesuai dengan namanya, video conference adalah alat untuk berbicara dengan beberapa pihak dengan melihat gambar dan mendengar suara secara langsung pihak yang dihubungi dengan alat ini. Dengan demikian melakukan kontrak dengan menggunakan jasa chatting dan video conference ini dapat dilakukan secara langsung antara beberapa pihak dengan menggunakan sarana komputer atau monitor televisi.

Kontrak melalui e-mail adalah salah satu kontrak on-line yang sangat populer karena pengguna e-mail saat ini sangat banyak dan mendunia dengan biaya yang sangat murah dan waktu yang efisien. Untuk memperoleh alamat e-mail dapat dilakukan dengan cara mendaftarkan diri kepada penyedia layanan e-mail gratis atau dengan mendaftarkan diri sebagai subscriber pada server atau ISP tertentu. Kontrak e-mail dapat berupa penawaran yang dikirimkan kepada seseorang atau
kepada banyak orang yang tergabung dalam sebuah mailing list, serta penerimaan dan pemberitahuan penerimaan yang seluruhnya dikirimkan melalui e-mail.
Di samping itu kontrak e-mail dapat dilakukan dengan penawaran barangnya diberikan melalui situs web yang memposting penawarannya, sedangkan penerimaannya dilakukan melalui e-mail.

Kontrak melalui web dapat dilakukan dengan cara situs web seorang supplier (baik yang berlokasi di server supplier maupun diletakkan pada server pihak ketiga) memiliki diskripsi produk atau jasa dan satu seri halaman yang bersifat self-contraction, yaitu dapat digunakan untuk membuat kontrak sendiri, yang memungkinkan pengunjung web untuk memesan produk atau jasa tersebut.
Para konsumen harus menyediakan informasi personal dan harus menyertakan nomor kartu kredit.
Selanjutnya, mekanismenya adalah sebagai berikut:
- untuk produk on line yang berupa software, pembeli diizinkan untuk men-download-nya;
- untuk produk yang berwujud fisik, pengiriman barang dilakukan sampai di rumah konsumen;
- untuk pembelian jasa, supplier menyediakan untuk melayani konsumen sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dalam perjanjian.

Mekanisme transaksi elektronik dengan e-commerce dimulai dengan adanya penawaran suatu produk tertentu oleh penjual (misalnya bertempat kedudukan di USA) di suatu website melalui server yang berada di Indonesia (misalnya detik.com). Apabila konsumen Indonesia melakukan pembelian, maka konsumen tersebut akan mengisi order mail yang telah disediakan oleh pihak penjual.

Berikut ini adalah Daftar Website E-Commerce di Indonesia (sumber : DailySocial dan NavinoT.):
  1. Tokobagus
  2. Tokopedia
  3. Juale
  4. Blanjaa
  5. Bukalapak
  6. Plasa
  7. Krazymarket
  8. QiosQu
  9. Berniaga
  10. Indonetwork

IP address ( IP Versi 6 )


Alamat IP versi 6

Alamat IP versi 6 (sering disebut sebagai alamat IPv6) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 6. Panjang totalnya adalah 128-bit, dan secara teoritis dapat mengalamati hingga 2128=3,4 x 1038 host komputer di seluruh dunia. Contoh alamat IP versi 6 adalah 21DA:00D3:0000:2F3B:02AA:00FF:FE28:9C5A.


Format Alamat

Dalam IPv6, alamat 128-bit akan dibagi ke dalam 8 blok berukuran 16-bit, yang dapat dikonversikan ke dalam bilangan heksadesimal berukuran 4-digit. Setiap blok bilangan heksadesimal tersebut akan dipisahkan dengan tanda titik dua (:). Karenanya, format notasi yang digunakan oleh IPv6 juga sering disebut dengan colon-hexadecimal format, berbeda dengan IPv4 yang menggunakan dotted-decimal format.

Berikut ini adalah contoh alamat IPv6 dalam bentuk bilangan biner:

0010000111011010000000001101001100000000000000000010111100111011000000101010101000000000 1111111111111110001010001001110001011010

Untuk menerjemahkannya ke dalam bentuk notasi colon-hexadecimal format, angka-angka biner di atas harus dibagi ke dalam 8 buah blok berukuran 16-bit:

0010000111011010 0000000011010011 0000000000000000 0010111100111011 0000001010101010 0000000011111111 1111111000101000 1001110001011010

Lalu, setiap blok berukuran 16-bit tersebut harus dikonversikan ke dalam bilangan heksadesimal dan setiap bilangan heksadesimal tersebut dipisahkan dengan menggunakan tanda titik dua. Hasil konversinya adalah sebagai berikut:

21DA:00D3:0000:2F3B:02AA:00FF:FE28:9C5A

Penyederhanaan bentuk alamat

Alamat di atas juga dapat disederhanakan lagi dengan membuang angka 0 pada awal setiap blok yang berukuran 16-bit di atas, dengan menyisakan satu digit terakhir. Dengan membuang angka 0, alamat di atas disederhanakan menjadi:

21DA:D3:0:2F3B:2AA:FF:FE28:9C5A

Konvensi pengalamatan IPv6 juga mengizinkan penyederhanaan alamat lebih jauh lagi, yakni dengan membuang banyak karakter 0, pada sebuah alamat yang banyak angka 0-nya. Jika sebuah alamat IPv6 yang direpresentasikan dalam notasi colon-hexadecimal format mengandung beberapa blok 16-bit dengan angka 0, maka alamat tersebut dapat disederhanakan dengan menggunakan tanda dua buah titik dua (:). Untuk menghindari kebingungan, penyederhanaan alamat IPv6 dengan cara ini sebaiknya hanya digunakan sekali saja di dalam satu alamat, karena kemungkinan nantinya pengguna tidak dapat menentukan berapa banyak bit 0 yang direpresentasikan oleh setiap tanda dua titik dua (:) yang terdapat dalam alamat tersebut. Untuk menentukan berapa banyak bit bernilai 0 yang dibuang (dan digantikan dengan tanda dua titik dua) dalam sebuah alamat IPv6, dapat dilakukan dengan menghitung berapa banyak blok yang tersedia dalam alamat tersebut, yang kemudian dikurangkan dengan angka 8, dan angka tersebut dikalikan dengan 16. Sebagai contoh, alamat FF02::2 hanya mengandung dua blok alamat (blok FF02 dan blok 2). Maka, jumlah bit yang dibuang adalah (8-2) x 16 = 96 buah bit.

Format Prefix

Dalam IPv4, sebuah alamat dalam notasi dotted-decimal format dapat direpresentasikan dengan menggunakan angka prefiks yang merujuk kepada subnet mask. IPv6 juga memiliki angka prefiks, tapi tidak didugnakan untuk merujuk kepada subnet mask, karena memang IPv6 tidak mendukung subnet mask.

Prefiks adalah sebuah bagian dari alamat IP, di mana bit-bit memiliki nilai-nilai yang tetap atau bit-bit tersebut merupakan bagian dari sebuah rute atau subnet identifier. Prefiks dalam IPv6 direpesentasikan dengan cara yang sama seperti halnya prefiks alamat IPv4, yaitu [alamat]/[angka panjang prefiks]. Panjang prefiks menentukan jumlah bit terbesar paling kiri yang membuat prefiks subnet. Sebagai contoh, prefiks sebuah alamat IPv6 dapat direpresentasikan sebagai berikut:

3FFE:2900:D005:F28B::/64

Pada contoh di atas, 64 bit pertama dari alamat tersebut dianggap sebagai prefiks alamat, sementara 64 bit sisanya dianggap sebagai interface ID.

Jenis - jenis Alamat IPv6

IPv6 mendukung beberapa jenis format prefix, yakni sebagai berikut:

  1. Alamat Unicast, yang menyediakan komunikasi secara point-to-point, secara langsung antara dua host dalam sebuah jaringan.
  2. Alamat Multicast, yang menyediakan metode untuk mengirimkan sebuah paket data ke banyak host yang berada dalam group yang sama. Alamat ini digunakan dalam komunikasi one-to-many.
  3. Alamat Anycast, yang menyediakan metode penyampaian paket data kepada anggota terdekat dari sebuah group. Alamat ini digunakan dalam komunikasi one-to-one-of-many. Alamat ini juga digunakan hanya sebagai alamat tujuan (destination address) dan diberikan hanya kepada router, bukan kepada host-host biasa.

Jika dilihat dari cakupan alamatnya, alamat unicast dan anycast terbagi menjadi alamat-alamat berikut:

  1. Link-Local, merupakan sebuah jenis alamat yang mengizinkan sebuah komputer agar dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya dalam satu subnet.
  2. Site-Local, merupakan sebuah jenis alamat yang mengizinkan sebuah komputer agar dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya dalam sebuah intranet.
  3. Global Address, merupakan sebuah jenis alamat yang mengizinkan sebuah komputer agar dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya dalam Internet berbasis IPv6.


Unicast Address

Alamat IPv6 unicast dapat diimplementasikan dalam berbagai jenis alamat, yakni:

  1. Alamat unicast global
  2. Alamat unicast site-local
  3. Alamat unicast link-local
  4. Alamat unicast yang belum ditentukan (unicast unspecified address)
  5. Alamat unicast loopback
  6. Alamat unicast 6to4
  7. Alamat unicast ISATAP

Unicast global addresses

Alamat unicast global IPv6 mirip dengan alamat publik dalam alamat IPv4. Dikenal juga sebagai Aggregatable Global Unicast Address. Seperti halnya alamat publik IPv4 yang dapat secara global dirujuk oleh host-host di Internet dengan menggunakan proses routing, alamat ini juga mengimplementasikan hal serupa. Struktur alamat IPv6 unicast global terbagi menjadi topologi tiga level (Public, Site, dan Node).

Unicast site-local addresses

Alamat unicast site-local IPv6 mirip dengan alamat privat dalam IPv4. Ruang lingkup dari sebuah alamat terdapat pada internetwork dalam sebuah site milik sebuah organisasi. Penggunaan alamat unicast global dan unicast site-local dalam sebuah jaringan adalah mungkin dilakukan. Prefiks yang digunakan oleh alamat ini adalah FEC0::/48.

Unicast link-local address

Alamat unicast link-local adalah alamat yang digunakan oleh host-host dalam subnet yang sama. Alamat ini mirip dengan konfigurasi APIPA (Automatic Private Internet Protocol Addressing) dalam sistem operasi Microsoft Windows XP ke atas. host-host yang berada di dalam subnet yang sama akan menggunakan alamat-alamat ini secara otomatis agar dapat berkomunikasi. Alamat ini juga memiliki fungsi resolusi alamat, yang disebut dengan Neighbor Discovery. Prefiks alamat yang digunakan oleh jenis alamat ini adalah FE80::/64.

Unicast unspecified address

Alamat unicast yang belum ditentukan adalah alamat yang belum ditentukan oleh seorang administrator atau tidak menemukan sebuah DHCP Server untuk meminta alamat. Alamat ini sama dengan alamat IPv4 yang belum ditentukan, yakni 0.0.0.0. Nilai alamat ini dalam IPv6 adalah 0:0:0:0:0:0:0:0 atau dapat disingkat menjadi dua titik dua (::).

Unicast Loopback Address

Alamat unicast loopback adalah sebuah alamat yang digunakan untuk mekanisme interprocess communication (IPC) dalam sebuah host. Dalam IPv4, alamat yang ditetapkan adalah 127.0.0.1, sementara dalam IPv6 adalah 0:0:0:0:0:0:0:1, atau ::1.


Unicast 6to4 Address

Alamat unicast 6to4 adalah alamat yang digunakan oleh dua host IPv4 dan IPv6 dalam Internet IPv4 agar dapat saling berkomunikasi. Alamat ini sering digunakan sebagai pengganti alamat publik IPv4. Alamat ini aslinya menggunakan prefiks alamat 2002::/16, dengan tambahan 32 bit dari alamat publik IPv4 untuk membuat sebuah prefiks dengan panjang 48-bit, dengan format 2002:WWXX:YYZZ::/48, di mana WWXX dan YYZZ adalah representasi dalam notasi colon-decimal format dari notasi dotted-decimal format w.x.y.z dari alamat publik IPv4. Sebagai contoh alamat IPv4 157.60.91.123 diterjemahkan menjadi alamat IPv6 2002:9D3C:5B7B::/48.

Unicast ISATAP Address

Alamat Unicast ISATAP adalah sebuah alamat yang digunakan oleh dua host IPv4 dan IPv6 dalam sebuah Intranet IPv4 agar dapat saling berkomunikasi. Alamat ini menggabungkan prefiks alamat unicast link-local, alamat unicast site-local atau alamat unicast global (yang dapat berupa prefiks alamat 6to4) yang berukuran 64-bit dengan 32-bit ISATAP Identifier (0000:5EFE), lalu diikuti dengan 32-bit alamat IPv4 yang dimiliki oleh interface atau sebuah host. Prefiks yang digunakan dalam alamat ini dinamakan dengan subnet prefix. Meski alamat 6to4 hanya dapat menangani alamat IPv4 publik saja, alamat ISATAP dapat menangani alamat pribadi IPv4 dan alamat publik IPv4.

Multicast Address

Alamat multicast IPv6 sama seperti halnya alamat multicast pada IPv4. Paket-paket yang ditujukan ke sebuah alamat multicast akan disampaikan terhadap semua interface yang dikenali oleh alamat tersebut. Prefiks alamat yang digunakan oleh alamat multicast IPv6 adalah FF00::/8.

Anycast Address

Alamat Anycast dalam IPv6 mirip dengan alamat anycast dalam IPv4, tapi diimplementasikan dengan cara yang lebih efisien dibandingkan dengan IPv4. Umumnya, alamat anycast digunakan oleh Internet Service Provider (ISP) yang memiliki banyak klien. Meskipun alamat anycast menggunakan ruang alamat unicast, tapi fungsinya berbeda daripada alamat unicast. IPv6 menggunakan alamat anycast untuk mengidentifikasikan beberapa interface yang berbeda. IPv6 akan menyampaikan paket-paket yang dialamatkan ke sebuah alamat anycast ke interface terdekat yang dikenali oleh alamat tersebut. Hal ini sangat berbeda dengan alamat multicast, yang menyampaikan paket ke banyak penerima, karena alamat anycast akan menyampaikan paket kepada salah satu dari banyak penerima.

IP address ( IP Versi 4 )


Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. IP versi 4 (IPv4)
  2. IP versi 6 (IPv6)

Alamat IP versi 4

Alamat IP versi 4 ( sering disebut dengan Alamat IPv4 ) adalah
sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. Panjang totalnya adalah 32-bit, dan secara teoritis dapat mengalamati hingga 4 miliar host komputer atau lebih tepatnya 4.294.967.296 host di seluruh dunia, jumlah host tersebut didapatkan dari 256 ( didapatkan dari 8 bit ) dipangkat 4 ( karena terdapat 4 oktet ) sehingga nilai maksimal dari alamt IP versi 4 tersebut adalah 255.255.255.255 dimana nilai dihitung dari nol sehingga nilai nilai host yang dapat ditampung adalah 256x256x256x256=4.294.967.296 host. sehingga bila host yang ada diseluruh dunia melebihi kuota tersebut maka dibuatlah IP versi 6 atau IPv6. Contoh alamat IP versi 4 adalah 192.168.0.3.

Representasi Alamat

Alamat IP versi 4 umumnya diekspresikan dalam notasi desimal bertitik (dotted-decimal notation), yang dibagi ke dalam empat buah oktet berukuran 8-bit. Dalam beberapa buku referensi, format bentuknya adalah w.x.y.z. Karena setiap oktet berukuran 8-bit, maka nilainya berkisar antara 0 hingga 255 (meskipun begitu, terdapat beberapa pengecualian nilai). Alamat IP yang dimiliki oleh sebuah host dapat dibagi dengan menggunakan subnet mask jaringan ke dalam dua buah bagian, yakni:

  1. Network Identifier/NetID atau Network Address (alamat jaringan) yang digunakan khusus untuk mengidentifikasikan alamat jaringan di mana host berada. Dalam banyak kasus, sebuah alamat network identifier adalah sama dengan segmen jaringan fisik dengan batasan yang dibuat dan didefinisikan oleh router IP. Meskipun demikian, ada beberapa kasus di mana beberapa jaringan logis terdapat di dalam sebuah segmen jaringan fisik yang sama dengan menggunakan sebuah praktek yang disebut sebagai multinetting. Semua sistem di dalam sebuah jaringan fisik yang sama harus memiliki alamat network identifier yang sama. Network identifier juga harus bersifat unik dalam sebuah internetwork. Jika semua node di dalam jaringan logis yang sama tidak dikonfigurasikan dengan menggunakan network identifier yang sama, maka terjadilah masalah yang disebut dengan routing error.
    Alamat network identifier tidak boleh bernilai 0 atau 255.
  2. Host Identifier/HostID atau Host address ( alamat host ) yang digunakan khusus untuk mengidentifikasikan alamat host ( dapat berupa workstation, server atau sistem lainnya yang berbasis teknologi TCP/IP ) di dalam jaringan. Nilai host identifier tidak boleh bernilai 0 atau 255 dan harus bersifat unik di dalam network identifier/segmen jaringan di mana ia berada.
Jenis - jenis alamat

Alamat IPv4 terbagi menjadi beberapa jenis, yakni sebagai berikut:

  1. Alamat Unicast, merupakan alamat IPv4 yang ditentukan untuk sebuah antarmuka jaringan yang dihubungkan ke sebuah internetwork IP. Alamat unicast digunakan dalam komunikasi point-to-point atau one-to-one.
  2. Alamat Broadcast, merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh setiap node IP dalam segmen jaringan yang sama. Alamat broadcast digunakan dalam komunikasi one-to-everyone.
  3. Alamat Multicast, merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh satu atau beberapa node dalam segmen jaringan yang sama atau berbeda. Alamat multicast digunakan dalam komunikasi one-to-many.

Kelas - kelas alamat

Dalam RFC 791, alamat IP versi 4 dibagi ke dalam beberapa kelas, dilihat dari oktet pertamanya, seperti terlihat pada tabel. Sebenarnya yang menjadi pembeda kelas IP versi 4 adalah pola biner yang terdapat dalam oktet pertama (utamanya adalah bit-bit awal/high-order bit), tapi untuk lebih mudah mengingatnya, akan lebih cepat diingat dengan menggunakan representasi desimal.

Kelas A

Alamat - alamat kelas A diberikan untuk jaringan skala besar. Nomor urut bit tertinggi di dalam alamat IP kelas A selalu diset dengan nilai 0 (nol). Tujuh bit berikutnya untuk melengkapi oktet pertama akan membuat sebuah network identifier. 24 bit sisanya (atau tiga oktet terakhir) merepresentasikan host identifier. Ini mengizinkan kelas A memiliki hingga 126 jaringan, dan 16,777,214 host tiap jaringannya. Alamat dengan oktet awal 127 tidak diizinkan, karena digunakan untuk mekanisme Interprocess Communication (IPC) di dalam mesin yang bersangkutan.

Kelas B

Alamat - alamat kelas B dikhususkan untuk jaringan skala menengah hingga skala besar. Dua bit pertama di dalam oktet pertama alamat IP kelas B selalu diset ke bilangan biner 10. 14 bit berikutnya (untuk melengkapi dua oktet pertama), akan membuat sebuah network identifier. 16 bit sisanya (dua oktet terakhir) merepresentasikan host identifier. Kelas B dapat memiliki 16,384 network, dan 65,534 host untuk setiap network-nya.

Kelas C

Alamat IP kelas C digunakan untuk jaringan berskala kecil. Tiga bit pertama di dalam oktet pertama alamat kelas C selalu diset ke nilai biner 110. 21 bit selanjutnya (untuk melengkapi tiga oktet pertama) akan membentuk sebuah network identifier. 8 bit sisanya (sebagai oktet terakhir) akan merepresentasikan host identifier. Ini memungkinkan pembuatan total 2,097,152 buah network, dan 254 host untuk setiap network-nya.



Kelas D

Alamat IP kelas D disediakan hanya untuk alamat-alamat IP multicast, sehingga berbeda dengan tiga kelas di atas. Empat bit pertama di dalam IP kelas D selalu diset ke bilangan biner 1110. 28 bit sisanya digunakan sebagai alamat yang dapat digunakan untuk mengenali host. Untuk lebih jelas mengenal alamat ini, lihat pada bagian Alamat Multicast IPv4.

Kelas E

Alamat IP kelas E disediakan sebagai alamat yang bersifat "eksperimental" atau percobaan dan dicadangkan untuk digunakan pada masa depan. Empat bit pertama selalu diset kepada bilangan biner 1111. 28 bit sisanya digunakan sebagai alamat yang dapat digunakan untuk mengenali host.

IP sudah tidak menggunakan kelas alamat lagi. Pengemban otoritas Internet telah melihat dengan jelas bahwa alamat yang dibagi ke dalam kelas-kelas seperti di atas sudah tidak mencukupi kebutuhan yang ada saat ini, di saat penggunaan Internet yang semakin meluas. Alamat IPv6 yang baru sekarang tidak menggunakan kelas-kelas seperti alamat IPv4. Alamat yang dibuat tanpa mempedulikan kelas disebut juga dengan classless address.

Alamat Unicast

Setiap antarmuka jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP harus diidentifikasikan dengan menggunakan sebuah alamat logis yang unik, yang disebut dengan alamat unicast (unicast address). Alamat unicast disebut sebagai alamat logis karena alamat ini merupakan alamat yang diterapkan pada lapisan jaringan dalam DARPA Reference Model dan tidak memiliki relasi yang langsung dengan alamat yang digunakan pada lapisan antarmuka jaringan dalam DARPA Reference Model. Sebagai contoh, alamat unicast dapat ditetapkan ke sebuah host dengan antarmuka jaringan dengan teknologi Ethernet, yang memiliki alamat MAC sepanjang 48-bit. Alamat unicast inilah yang harus digunakan oleh semua host TCP/IP agar dapat saling terhubung. Komponen alamat ini terbagi menjadi dua jenis, yakni alamat host (host identifier) dan alamat jaringan (network identifier). Alamat unicast menggunakan kelas A, B, dan C dari kelas-kelas alamat IP yang telah disebutkan sebelumnya, sehingga ruang alamatnya adalah dari 1.x.y.z hingga 223.x.y.z. Sebuah alamat unicast dibedakan dengan alamat lainnya dengan menggunakan skema subnet mask.

Jenis - jenis alamat unicast

Jika ada sebuah intranet tidak yang terkoneksi ke Internet, semua alamat IP dalam ruangan kelas alamat unicast dapat digunakan. Jika koneksi dilakukan secara langsung (dengan menggunakan teknik routing) atau secara tidak langsung (dengan menggunakan proxy server), maka ada dua jenis alamat yang dapat digunakan di dalam Internet, yaitu public address (alamat publik) dan private address (alamat pribadi).

Alamat publik

Alamat publik adalah alamat-alamat yang telah ditetapkan oleh InterNIC dan berisi beberapa buah network identifier yang telah dijamin unik (artinya, tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama) jika intranet tersebut telah terhubung ke Internet. Ketika beberapa alamat publik telah ditetapkan, maka beberapa rute dapat diprogram ke dalam sebuah router sehingga lalu lintas data yang menuju alamat publik tersebut dapat mencapai lokasinya. Di internet, lalu lintas ke sebuah alamat publik tujuan dapat dicapai, selama masih terkoneksi dengan internet.

Alamat ilegal

Intranet - intranet pribadi yang tidak memiliki kemauan untuk mengoneksikan intranetnya ke internet dapat memilih alamat apapun yang mereka mau, meskipun menggunakan alamat publik yang telah ditetapkan oleh InterNIC. Jika sebuah organisasi selanjutnya memutuskan untuk menghubungkan intranetnya ke internet, skema alamat yang digunakannya mungkin dapat mengandung alamat-alamat yang mungkin telah ditetapkan oleh InterNIC atau organisasi lainnya. Alamat-alamat tersebut dapat menjadi konflik antara satu dan lainnya, sehingga disebut juga dengan illegal address, yang tidak dapat dihubungi oleh host lainnya.

Alamat Privat

Alamat IP yang berada di dalam ruangan alamat pribadi dikenal juga dengan alamat pribadi atau Private Address. Karena di antara ruangan alamat publik dan ruangan alamat pribadi tidak saling melakukan overlapping, maka alamat pribadi tidak akan menduplikasi alamat publik, dan tidak pula sebaliknya. Sebuah jaringan yang menggunakan alamat IP privat disebut juga dengan jaringan privat atau private network.

Ruangan alamat pribadi yang ditentukan di dalam RFC 1918 didefinisikan di dalam tiga blok alamat berikut :

10.0.0.0/8

Jaringan pribadi (private network) 10.0.0.0/8 merupakan sebuah network identifier kelas A yang mengizinkan alamat IP yang valid dari 10.0.0.1 hingga 10.255.255.254. Jaringan pribadi 10.0.0.0/8 memiliki 24 bit host yang dapat digunakan untuk skema subnetting di dalam sebuah organisasi privat.

172.16.0.0/12

Jaringan pribadi 172.16.0.0/12 dapat diinterpretasikan sebagai sebuah block dari 16 network identifier kelas B atau sebagai sebuah ruangan alamat yang memiliki 20 bit yang dapat ditetapkan sebagai host identifier, yang dapat digunakan dengan menggunakan skema subnetting di dalam sebuah organisasi privat. Alamat jaringan privat 17.16.0.0/12 mengizinkan alamat-alamat IP yang valid dari 172.16.0.1 hingga 172.31.255.254.

192.168.0.0/16

Jaringan pribadi 192.168.0.0/16 dapat diinterpretasikan sebagai sebuah block dari 256 network identifier kelas C atau sebagai sebuah ruangan alamat yang memiliki 16 bit yang dapat ditetapkan sebagai host identifier yang dapat digunakan dengan menggunakan skema subnetting apapun di dalam sebuah organisasi privat. Alamat jaringan privat 192.168.0.0/16 dapat mendukung alamat-alamat IP yang valid dari 192.168.0.1 hingga 192.168.255.254.


Sementara itu ada juga sebuah ruang alamat yang digunakan untuk alamat IP privat dalam beberapa sistem operasi :

169.254.0.0/16

Alamat jaringan ini dapat digunakan sebagai alamat privat karena memang IANA mengalokasikan untuk tidak menggunakannya. Alamat IP yang mungkin dalam ruang alamat ini adalah 169.254.0.1 hingga 169.254.255.254, dengan alamat subnet mask 255.255.0.0. Alamat ini digunakan sebagai alamat IP privat otomatis (dalam Windows, disebut dengan Automatic Private Internet Protocol Addressing (APIPA)).

Alamat Multicast

Alamat IP Multicast (Multicast IP Address) adalah alamat yang digunakan untuk menyampaikan satu paket kepada banyak penerima. Dalam sebuah intranet yang memiliki alamat multicast IPv4, sebuah paket yang ditujukan ke sebuah alamat multicast akan diteruskan oleh router ke subjaringan di mana terdapat host-host yang sedang berada dalam kondisi "listening" terhadap lalu lintas jaringan yang dikirimkan ke alamat multicast tersebut. Dengan cara ini, alamat multicast pun menjadi cara yang efisien untuk mengirimkan paket data dari satu sumber ke beberapa tujuan untuk beberapa jenis komunikasi. Alamat multicast didefinisikan dalam RFC 1112.

Alamat - alamat multicast IPv4 didefinisikan dalam ruang alamat kelas D, yakni 224.0.0.0/4, yang berkisar dari 224.0.0.0 hingga 239.255.255.255. Prefiks alamat 224.0.0.0/24 (dari alamat 224.0.0.0 hingga 224.0.0.255) tidak dapat digunakan karena dicadangkan untuk digunakan oleh lalu lintas multicast dalam subnet lokal.

Alamat Broadcast

Alamat broadcast untuk IP versi 4 digunakan untuk menyampaikan paket-paket data "satu-untuk-semua". Jika sebuah host pengirim yang hendak mengirimkan paket data dengan tujuan alamat broadcast, maka semua node yang terdapat di dalam segmen jaringan tersebut akan menerima paket tersebut dan memprosesnya. Berbeda dengan alamat IP unicast atau alamat IP multicast, alamat IP broadcast hanya dapat digunakan sebagai alamat tujuan saja, sehingga tidak dapat digunakan sebagai alamat sumber.

Ada empat buah jenis alamat IP broadcast, yakni network broadcast, subnet broadcast, all-subnets-directed broadcast, dan Limited Broadcast. Untuk setiap jenis alamat broadcast tersebut, paket IP broadcast akan dialamatkan kepada lapisan antarmuka jaringan dengan menggunakan alamat broadcast yang dimiliki oleh teknologi antarmuka jaringan yang digunakan. Sebagai contoh, untuk jaringan Ethernet dan Token Ring, semua paket broadcast IP akan dikirimkan ke alamat broadcast Ethernet dan Token Ring, yakni 0xFF-FF-FF-FF-FF-FF.

Network Broadcast

Alamat network broadcast IPv4 adalah alamat yang dibentuk dengan cara mengeset semua bit host menjadi 1 dalam sebuah alamat yang menggunakan kelas (classful). Contohnya adalah, dalam NetID 131.107.0.0/16, alamat broadcast-nya adalah 131.107.255.255. Alamat network broadcast digunakan untuk mengirimkan sebuah paket untuk semua host yang terdapat di dalam sebuah jaringan yang berbasis kelas. Router tidak dapat meneruskan paket-paket yang ditujukan dengan alamat network broadcast.

Subnet broadcast

Alamat subnet broadcast adalah alamat yang dibentuk dengan cara mengeset semua bit host menjadi 1 dalam sebuah alamat yang tidak menggunakan kelas (classless). Sebagai contoh, dalam NetID 131.107.26.0/24, alamat broadcast-nya adalah 131.107.26.255. Alamat subnet broadcast digunakan untuk mengirimkan paket ke semua host dalam sebuah jaringan yang telah dibagi dengan cara subnetting, atau supernetting. Router tidak dapat meneruskan paket-paket yang ditujukan dengan alamat subnet broadcast.Alamat subnet broadcast tidak terdapat di dalam sebuah jaringan yang menggunakan kelas alamat IP, sementara itu, alamat network broadcast tidak terdapat di dalam sebuah jaringan yang tidak menggunakan kelas alamat IP.

All – subnets - directed broadcast

Alamat IP ini adalah alamat broadcast yang dibentuk dengan mengeset semua bit-bit network identifier yang asli yang berbasis kelas menjadi 1 untuk sebuah jaringan dengan alamat tak berkelas (classless). Sebuah paket jaringan yang dialamatkan ke alamat ini akan disampaikan ke semua host dalam semua subnet yang dibentuk dari network identifer yang berbasis kelas yang asli. Contoh untuk alamat ini adalah untuk sebuah network identifier 131.107.26.0/24, alamat all-subnets-directed broadcast untuknya adalah 131.107.255.255. Dengan kata lain, alamat ini adalah alamat jaringan broadcast dari network identifier alamat berbasis kelas yang asli. Dalam contoh di atas, alamat 131.107.26.0/24 yang merupakan alamat kelas B, yang secara default memiliki network identifer 16, maka alamatnya adalah 131.107.255.255.

Limited broadcast

Alamat ini adalah alamat yang dibentuk dengan mengeset semua 32 bit alamat IP versi 4 menjadi 1 (11111111111111111111111111111111 atau 255.255.255.255). Alamat ini digunakan ketika sebuah node IP harus melakukan penyampaian data secara one-to-everyone di dalam sebuah jaringan lokal tetapi ia belum mengetahui network identifier-nya. Contoh penggunaanya adalah ketika proses konfigurasi alamat secara otomatis dengan menggunakan Boot Protocol (BOOTP) atau Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Sebagai contoh, dengan DHCP, sebuah klien DHCP harus menggunakan alamat ini untuk semua lalu lintas yang dikirimkan hingga server DHCP memberikan sewaan alamat IP kepadanya.

Belajar Membuat Wajan Bolic (Pan Bolic)

Pan Bolic atau yang dikenal dengan Wajan Bolic merupakan suatu alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal WiFi USB modem. Adapun tentang keuntungan yang didapatkan setelah menggunakan wajan bolic dan bagaimana cara membuatnya. Langsung saja ke TKP.

Keuntungan yang didapatkan dari penggunaan wajan bolic ini yaitu :

1. Semakin cepat access browsing.
2. Bertambahnya speed download hingga kurang lebih 30 kbps.
3. Tidak sulit untuk membuatnya.
4. Dijamin puas kita memakai internet.
5. Biaya pembuatan murah.

Peralatan yang dibutuhkan :

1. Wajan dengan diameter kurang lebih 18cm ( bagusnya lebih dari itu ).
2. Pipa paralon dengan diameter kurang lebih 10cm.
3. Penutup Pipa 2 yaitu untuk sisi atas dan bawah.
4. Aloemunium Foil secukupnya.
5. Baut
6. Modem
7. Kabel USB seperlunya ( kurang lebih 5 meter )

Kira - kira hanya itu peralatan yang dbuituhkan untuk merakit satu buah wajan bolic. Harga peralatan diatas tidak lebih dari 150 ribu rupah saja. Berikut ini, kita akan memasuki cara pembuatannya.

Cara pembuatan :

1. Lubangi / bor bagian tengah wajan dan penutup pipa yang dijadikan penutup bagian bawah ( keduanya harus tepar ditengah ).
2. Lapisi penutup pipa bagian atas dan bawah dengan aloemunium foil hingga terlapisi semua termasuk bagian dalamnya.
3. Setelah itu, lapisi bagian dalam pipa paralon dengan aloemunium foil ( hanya untuk bagian bawah paralon ). Dalam hal ini, adan harus menentukan terlebih dahulu bagian mana yang akan menjadi bagian bawah paralon.
4. Satukan wajan dengan penutup bagian bawah paralon yang telah dilubangi sebelumnya. Satukan dengan bautnya.
5. Setelah disatukan, masukan bagian bawah paralon yang sudah dilapisi ke penutup bawah paralon sampai benar - benar rapat.
6. Setelah itu, buat sebuah lubang berbentuk kotak di sisi atas paralon dengan perhitungan kurang lebih 5 jari dari ujung atas paralon dan ketentukan besarnya lubang tersebut yaitu 6 cm untuk tinggi dan 2 cm untuk lebar.
7. Setelah semua langkah ditas dikerjakan, tutup bagian atas paralon dengan penutup bagian atas paralon yang telah dilapisi.
8. Untuk uji coba, sambungkan USB modem dengan kabel USB, lalu masukkan kedalam lubang kotak tersebut. Koneksikan kabel USB tersebut ke laptop. Tunggu sejenak, biarkan autoplay nya muncul. Setelah muncul, bagi anda yang menggunakan password, masukkan passwordnya. Setelah itu, klik connecting / sambungkan. Selesai.

Bagaimana mudah bukan cara membuat wajan bolic? Selain mudah, murah juga biayanya... Tertarik ? silahkan mencoba untuk membuat.... inilah tampillan wajan bolic yang sudah jadi dirakit.


Selain menggunakan wajan bolic ini, banyak alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal, diantaranya :
1. dengan menggunakan kepingan cd
2. dengan menggunakan bekas kaleng susu, biskuit, dll
3. dengan menggunakan bekas minuman kaleng
4. dan lainnya.

" Semoga bermanfaat "

Related Post